Google Docs kini semakin mudah digunakan karena beberapa dari fitur-fiturnya mirip dengan Microsoft Word.
Karena platformnya berbasis online, penggunaan Google Docs dari sisi teknis lebih fleksibel bagi banyak pengguna sekaligus (multi-user).
Agar lebih efisien, berikut ini adalah 7 Tips Mudah Menggunakan Google Docs dengan memanfaatkan fitur-fitur utamanya.
Mendikte teks secara otomatis
Fitur ini mungkin tidak sering digunakan karena pengguna cenderung lebih suka mengetik secara langsung.
Tapi jika ingin mencoba, Anda bisa membuka menu Alat dan pilih Dikte untuk memulai.
Atau bisa juga menggunakan pintasan keyboard, Ctrl+Shift+S di Windows atau Cmd+Shift+S di macOS.
Klik mikrofon yang muncul di layar dan mulailah berbicara. Anda akan melihat kata-kata yang tertulis di layar mengikuti ucapan.
Jika ingin mematikan mode dikte, klik tombol mikrofon lagi dan akan non-aktif secara otomatis.
Buat Dokumen Baru dengan Cepat
Preferensi buat dokmen baru di Google Docs / via Wired |
Jika Anda ingin membuat dokumen Google Docs baru dengan cepat, cukup ketik "docs.new" di bilah alamat browser Anda dan tekan Enter.
Untuk mempercepat prosesnya, buat pintasan desktop atau bookmark browser yang menunjuk ke pintasan hyperlink serupa.
Membuat Subtitusi sendiri
Buka menu Alat di Google Dokumen, pilih Preferensi, lalu beralih ke Substitusi. Anda akan melihat daftar kombinasi karakter yang akan otomatis diganti oleh Google Dokumen dengan hal yang lain, misalnya memformat pecahan dengan benar.
Untuk membuat substitusi Anda sendiri, cukup gunakan kotak Ganti dan Dengan di bagian atas daftar.
Bisa juga mengedit langganan yang ada, menghapus substitusi menggunakan tanda silang di sisi kanan, atau menonaktifkan dan mengaktifkan substitusi menggunakan kotak centang di sebelah kiri.
Berkolaborasi menggunakan Email
Google Docs terkait erat dengan klien email Google sehingga dapat menggunakan Docs untuk mengerjakan email berbasis Gmail hingga siap digunakan.
Pada Google Documents, pilih Sisipkan, lalu Susun blok, kemudian pilih Draf email untuk memulai.
Anda dapat @-menyebut orang untuk mengisi alamat email, dan email dapat ditulis di bidang teks utama—ketika Anda siap mengirimkannya ke Gmail.
Klik ikon email biru di sebelah kiri Google Dokumen dan draf Gmail baru akan muncul di layar.
Ubah Font dan Tata Letak
Anda tidak harus puas dengan tampilan default yang diberikan Gmail kepada Anda.
Siapkan opsi tata letak dan pemformatan teks agar berfungsi dengan baik untuk Anda.
Tepat di bagian atas drop-down daftar font, Anda dapat memilih Tambahkan font untuk mengimpor yang baru.
Manfaatkan Template
Galeri template pada Google Docs via Google Docs |
Menggunakan template bawaan Google Docs mampu menghemat waktu dibandingkan jika harus membuat dari awal.
Meskipun dari segi desain terbatas, tapi metode ini cukup ampuh jika membutuhkan pembuatan dokumen secara instan.
Dari Google Drive, pilih Google Dokumen baru (New), kemudian pilih template untuk melihat beberapa pilihan.
Akses langsung ke fitur Panggilan Video
Salah satu produk Google pada Docs adalah Google Meet yang bisa digunakan untuk melakukan panggilan video.
Anda sendiri akan melihat fitur tersebut saat membuka dokumen, kemudian klik untuk mengaksesnya.
Tips mudah menggunakan Google Docs di atas akan tent akan lebih efisien jika Anda telah terbiasa dalam menggunakan platformnya.